Powered By Blogger

STADION

STADION
OLIMPICO DE TORINO

Selasa, 03 Februari 2009

Kebun Teh Wonosari

Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di lereng Gunung Arjuna, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya berada di antara perbatasan dua desa, yaitu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang. Perkebunan ini berada pada ketinggian antara 950—1.250 meter di atas pemukaan laut (DPL) dengan temperatur antara 19—26 derajat Celsius. Kelembaban udara pada waktu siang antara 60-70% dan 80-90% pada waktu malam.

 Agrowisata Wonosari merupakan kawasan kebun teh pertama di Jatim yang dikonsep menjadi wisata kebun. Ide ini muncul dari almarhum Ir Drs Soebiarto MM, mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PTPN XII pada tahun 1998. Kebun teh Wonosari juga merupakan aplikasi dari uji coba Agrowisata Kali Klathak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pengelola mengajak wisatawan ke kebun bersejarah itu, untuk mengenali dunia tanaman, khususnya teh. Oleh sebab itu, manajemen membidik komunitas penggemar teh sebagai pangsa pasarnya.

Agrowisata perkebunan teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), yaitu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang perkebunan kopi, kakao, karet, teh, dan holtikultura. Objek wisata ini cocok untuk anda yang menginginkan suasana tenang dan nyaman, karena kondisi iklimnya yang sejuk dan keindahan panoramanya yang alami.

Obyek wisata ini memfasilitasi pengunjung untuk menikmati pesona alam perkebunan teh, menghirup udara segar sambil berjalan kaki atau berlari-lari, menyaksikan aktivitas para pemetik teh, dan menimba pengetahuan bagaimana pucuk-pucuk teh diolah hingga siap dikonsumsi.

Memasuki kawasan ini kesegaran udara sangat terasa sekali. Tak heran, dengan indahnya panorama alam ini, banyak orang wisatawan asing yang seringkali datang ke kawasan ini dan tinggal cukup lama. Ada yang sampai dua pekan menginap di kamar hotel yang memang sengaja disediakan untuk wisatawan. Para wisatawan asing ini selain melakukan tea walk, mereka lebih mengutamakan untuk mengunjungi pabrik teh yang dibangun pada zaman Belanda. Mereka biasanya suka dengan proses pembuatan teh. Kadang mereka seharian minum teh langsung dari pabriknya dan membawa pulang teh olahan Wonosari.

Kebun Teh Wonosari juga cocok untuk wisata keluarga, terutama di akhir pekan. Anda bersama keluarga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti menjajal permainan di Taman Bermain, mengendarai Kereta Mini, serta menyaksikan Kebun Binatang Mini. Di lokasi ini juga tersedia kolam renang, toko swalayan, warung telepon, fasilitas untuk acara outbond, olahraga berkuda, jalur sepeda sehat, lapangan sepakbola, voli, dan tenis.

Selain untuk rekreasi, objek wisata ini juga banyak dijadikan tempat pembuatan karya ilmiah oleh pelajar maupun mahasiswa. Sejumlah sekolah dan universitas di Jatim seringkali mengadakan kegiatan di tempat ini dan juga dijadikan sebagai arena camping dan kegiatan olahraga lainnya. Kadangkala banyak juga pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Arjuno, di sisi barat kebun yang berjarak sekitar 25 kilometer.

Menuju Lokasi

Lokasi Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di sebelah barat jalan utama SurabayaMalang. Oleh sebab itu, wisatawan yang ingin menikmati pesona hamparan kebun teh di kawasan agrowisata ini dapat mengunjunginya melalui Surabaya, ibukota Jatim, atau memulai perjalanan melalui kota Malang. Dari Surabaya jarak yang harus ditempuh untuk sampai di kawasan perkebunan teh ini sekitar 80 km ke arah selatan, sedangkan dari kota Malang sekitar 30 km ke arah utara. Perjalanan dari Surabaya atau dari Malang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (bus) atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, disarankan turun di terminal kota Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dari kecamatan ini pengunjung dapat menumpang angkutan umum (mikrolet) untuk menuju kawasan perkebunan dengan jarak kurang lebih 6 km.

Jalan menuju lokasi cukup bagus, menanjak, dan agak berkelok-kelok. Di terminal, selain ada angkutan khusus ke kawasan tersebut, biasanya ada carteran kendaraan yang bisa disewa kalau memang dating satu rombongan. Biasanya tarif yang digunakan sekali jalan sekitar Rp25 ribu.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke lokasi wisata alam ini relatif murah. Harga tiket dibedakan berdasarkan hari biasa dan hari libur. Pada hari biasa (Senin—Sabtu) pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan pada hari libur (Minggu dan hari libur nasional lainnya) pengunjung diharuskan membayar Rp 6.000.

 Wisatawan tak perlu khawatir jika ingin berlamalama di area agrowisata ini karena tersedia beberapa rumah singgah (home stay/wisma) yang dapat disewa dengan tarif yang bervariasi. Untuk satu buah kamar, pengunjung dapat menyewanya antara Rp 100.000—Rp 300.000 per malam, tergantung fasilitas pelengkap yang disediakan, seperti pendingin ruangan dan shower air panas. Sedangkan untuk menyewa satu wisma, pengunjung dapat menyewanya dengan kisaran harga Rp200.000— Rp1.000.000 per malam, tergantung jumlah kamar dan fasilitas tambahan yang tersedia. Jika ingin berkemah, pengunjung dapat menggunakan lahan perkemahan yang juga disediakan di lokasi perkebunan ini.

Selain penginapan, di kawasan agrowisata ini juga tersedia dua aula pertemuan: Aula 1 dengan kapasitas 40 orang dapat disewa dengan harga Rp 500.000 dan Aula 2 dengan kapasitas 60 orang dengan harga sewa Rp 800.000. ��(Fir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

apakah mas tukul Ganteng?

about us

Foto saya
pekalongan, jawa tengah, Indonesia
Madrid Daftarkan Szalai Untuk Liga Champions Adam Szalai menjadi bintang di tim junior Madrid. * »Komentar (4) * Print Artikel Ini * Kirim Ke Teman * Hubungi Kami Madrid Daftarkan Szalai Untuk Liga Champions galleria zoom * * * Oleh Aditya Ramadhan Real Madrid akan mendaftarkan Adam Szalai, pemain muda Hongaria, untuk laga Liga Champions. Szalai, kini berusia 21 tahun, menjadi bintang di Castilla musim ini. Real Madrid sedang mempromosikannya ke tim inti, dan memberinya kesempatan mengalami suasana laga Liga Champions. Keputusan ini diambil setelah Los Blancos gagal mendaftarkan Lassana Diarra dan Klaas Jan Huntelaar ke UEFA. Madrid diminta memilih salah satunya, dan pelatih Juande Ramos (foto) tampaknya menginginkan Diarra. Szalai kemungkinan tidak langsung menempati starting line up. Ramos masih harus mempertimbangkan pemain senior, seperti Gonzalo Higuain dan Raul. Meski demikian, pengalaman berlaga di Liga Champions akan sangat berguna bagi Szalai.

* foto-foto (10) * kucing (5) * teman (3)